Saturday, November 8, 2014

PERSPEKTIF SOSIOLOGI EKONOMI

Kata Pengantar
Segala puji dan syukur hanya kepada Allah swt yang telah memberikan segala limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua,terutama bagi pemakalah.Karena tanpa itu semua pemakalah tidak bisa menyelesaikan makalah ini.Shalawat dan salam semoga tercurah kepada baginda Rasulullah saw beserta keluarga dan para sahabat beliau.
Makalah yang ada ditangan pembaca ini merupakan makalah mata kuliah Sosiologi Politik yang berjudul “Perspektif Sosiologi Tentang Ekonomi”.Mudah-mudahan makalah ini bermanfaat untuk para pembaca untuk memahami tentang ekonomi dari sudut pandang sosiologi.













Padang, 15 april 2013


Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Memahami ekonomi bisa dari berbagai perspektif,termasuk memahami ekonomi dari perspektif sosiologi.Sosiologi akan melihat fenomena-fenomena ekonomi dari sudut pandang yang berbeda dari sudut pandang ekonomi itu sendiri.
Memahami ekonomi dari sudut pandang sosiologi akan menitikberatkan pada dua hal,yaitu fenomena ekonomi sebagai gejala bagaimana cara individu ataupun kelompok untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka dan pendekatan sosiologis yang berupa kerangka acuan,variable-variabel,dan model-model yang digunakan oleh para sosiolog dalam memahami dan menjelaskan fenomena ekonomi yang terjadi dalam masyarakat.
B.Rumusan Masalah
Rumusan masalah dalam makalah ini adalah sebagai berikut:
1.      Apa pengertian dari sosiologi ekonomi?
2.      Apa perbandingan antara sosiologi ekonomi dengan ekonomi?
3.      Bagaimana perspektif sosiologi terhadap fenomena ekonomi?
4.      Siapakah tokoh-tokoh peletak fondasi sosiologi ekonomi?

C.Tujuan
1.       Untuk mengetahui pengertian dari sosiologi ekonomi
2.      Untuk mengetahui perbandingan antara sosiologi ekonomi dengan ekonomi
3.      Untuk mengetahui perspektif sosiologi terhadap fenomena ekonomi
4.      Untuk mengetahui tokoh-tokoh peletak fondasi sosiologi ekonomi?








BAB II
PEMBAHASAN
A.Pengertian
Sosiologi ekonomi merupakan sebuah kajian yang membahas masalah yang berhubungan dengan tentang bagaimana cara individu atau kelompok masyarakat berupaya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya melalui pendekatan sosiologis.
Sosiologi Ekonomi adalah perspektif sosiologis yang digunakan dalam menjelaskan fenomena ekonomi, terutama terkait  dengan aspek produksi, distribusi, pertukaran, dan konsumsi barang, jasa, dan  sumberdaya yang terbatas, yang bermuara pada bagaimana masyarakat mencapai kesejahteraanya.[1]
Kajian sosiologi ekonomi berhubungan dengan dua hal[2]:
v  Fenomena ekonomi
Berkaitan dengan suatu cara dari individu atau masyarakat memenuhi kebutuhan hidupnya.Yaitu cara-cara yang digunakan oleh individu ataupun kelompok dalam melakukan produksi,distribusi,konsumsi maupun transaksi barang dan jasa.Para ahli sosiologi ekonomi memiliki beberapa pertanyaan tentang hal-hal yang berhubungan dengan fenomena ekonomi ini,diantaranya adalah[3]:
·         bagaimana aktivitas-aktivitas ekonomi disusun kedalam peran dan kolektivitas,
·         dengan nilai apa aktivitas ekonomi ini dilegitimasi,dan
·         dengan norma-norma dan sanksi-sanksi apa aktivitas ekonomi ini diatur.

v  Pendekatan sosiologis
Hal ini berhubungan dengan cara para sosiolog dalam memahami fenomena ekonomi dengan menggunakan suatu kerangka acuan,variabel-variabel,dan model-model tertentu.Misalnya:
·         Bagaimana menyesuaikan suatu struktur peranan jabatan dengan struktur peranan keluarga dalam suatu masyarakat industri,
·         Konflik politik apa yang akan timbul oleh pengaturan ekonomi dalam masyarakat,dan
·         Sistem kelas apakah yang akan timbul dari berbagai jenis sistem ekonomi.
B.Perbandingan Antara Sosiologi Ekonomi Dan Ekonomi
Titik Tolak
Ekonomi
Sosiologi
Konsep actor
Individu
Kelompok,institusi,masyarakat
Konsep tindakan ekonomi
Rasional
Rasional,tradisional,spekulatif-rasional
Hambatan pada tindakan ekonomi
Kelangkaan sumber daya,termasuk teknologi
Kelangkaan sumber daya dan pengaruh aktor-aktor lain
Hubungan ekonomi dan masyarakat
Ekonomi bukan bagian dari masyarakat
Ekonomi sebagai bagian integral dari masyarakat
Tujuan analisis
Prediksi,eksplanasi,sedikit deskripsi
Deskripsi,eksplanasi,sedikit prediksi
Penerapan metode
Hipotesis,model-model matematika
Historis,perbandingan

C.Perspektif Sosiologi Tentang Fenomena Ekonomi
Ada dua perspektif dalam sosiologi ketika melihat prilaku individu atau masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya[4]:
1.Perspektif Utilitarian
Perspektif utilitarian menganggap bahwa manusia adalah aktor yang rasional.prilaku manusia yang dianggap rasional adalah prilaku yang yang memperhitungkan untung-rugi dan memilih keputusan yang paling efisien dari banyaknya pilihan.suatu prinsip ekonomi yang masih berkembang sampai saat ini adalah “keuntungan maksimal(profit maximum) dengan biaya yang rendah”.basis tindakan sosial manusia adalah motivasi ekonomi.
2.Perspektif Keterlekatan
Para sosiolog memiliki pendapat bahwa kegiatan ekonomi selalu terlekat dalam konteks sosial.Keterlekatan ekonomi bukan hanya terbatas pada jaringan hubungan antar personal,tetapi juga supra-individual dan kondisi-kondisi hubungan masyarakat interpersonal,ekonomi ditandai dengan keterlekatan secara makro maupun mikro(granovetter{1990}).Granovetter menegaskan bahwa keterlekatan perilaku ekonomi dalam hubungan sosial dapat dijelaskan melalui jaringan sosial yang terjadi dalam kehidupan ekonomi.
Perspektif keterlekatan mengaggap bahwa tindakan ekonomi seorang individu selalu terlekat dalam latar sosial.Prilaku ekonomi berhubugan dengan kekuatan-kekuatan struktural atau sistematis yang beroperasi secara nyata dalam masyarakat,termasuk ekonomi.
Menurut Swedberg dan Granovetter,ada 3 proposisi utama dalam sosiologi ekonomi baru yang berkaitan dengan keterlekatan ekonomi,yaitu:
·         Tindakan  ekonomi merupakan suatu bentuk tindakan sosial,
·         Tindakan ekonomi disituasikan secara sosial,
·         Institusi ekonomi dikonstruksi secara sosial.
D.Peletak Fondasi Sosiologi Ekonomi
            Para tokoh yang berjasa dalam meletakkan fondasi sosiologi ekonomi adalah sebagai berikut[5]:
1.Karl Marx(1818-1883)karya-karyanya adalah sebagai berikut:
·         The Economic And Philosophical Manuscripts Of 1884 ({1884}1964)merupakan karya awal karl marx yang menarik banyak perhatian para ahli ilmu-ilmu social,terutama yang berjudul The Power Of Money In Bourgeois Society dan Estranged Labor.
The Power Of Money In Bourgeois Society membahas tentang nasib hubugan-hubungan sosial ketika segala sesuatu menjadi komoditas yang dapat diperjual belikan.sedangkanEstranged Labor membahas tentang tenaga kerja ,penekanan distorsi dari proses kerja ketika tenaga kerja menjadi komoditas.
·         The Communist Manifesto({1884}1978),karya ini menjelaskan bagaimana pandangan dunia secara keseluruhan yaitu bahwa sejarah digerakkan oleh perjuangan kelas(kelas proletar dan kelas borjuis dalam masyarakat kapitalis).
·         A Contribution To The Critique Of Political Economy({1859}1970),buku ini menjelaskan bahwa fondasi dari masyarakat adalah ekonomi,dan diatas fondasi ini dibangun super struktur politik dan hukum.
·         Capital({1867}1906)buku ini menjelaskan bahwa komuditas diciptakan melalui tenaga kerja,kemudian komuditas ditukarkan untuk mendapatkan uang,kemudian uang diubah menjadi modal,dan modal inilah yang menciptakan penindasan dan pertentangan kelas.
2.Max Webber(1864-1920)beberapa karya webber diantarannya adalah:
·         The Protestan Ethic And The Spirit Of Capitalism,tulisan ini menjelaskan tentang perhitungan dan kerja keras bisnis barat yang didorong oleh perkembangan etika protestan pada abad ke-16 dengan doktrin calvinisme yaitu doktrin tentang takdir.
·         Economy And Society({1922}1978),ada 3 unsur pemisah yang dijelaskan dalam buku ini yaitu:tindakan ekonomi adalah sosial,tindakan ekonomi selalu melibatkan makna,dan tindakan ekonomi selalu memperhatikan kekuasaan.
3.Emile Durkheim(1858-1917)karyanya adalah:
·         The Division Of Labor In Society({1893}1984),menjelaskan tentang bahwa pembagian kerja adalah sarana utama untuk penciptaan kohesi dan solidaritas dalam masyarakat modern.
4.Joseph Schumpeter(1883-1950)karya-karyanya antara lain:
·         History Of Economic Analisys(1954),analisis ekonomi adalah untuk mempelajari bagaimana orang bertingkah laku dan apa pengaruh dari perilaku tersebut.Sementara sosiologi ekonomi mempelajari mengapa seseorang melakukan suatu tindakan dalam konteks institusional yang lebih luas dimana aktivitas ekonomi dilakukan.
·         Capitalism,Socialism And Democracy({1886}1975),menjelaskan tentang keruntuhan kapitalisme dan digantikan oleh sosialisme.
5.karl Polanyi(1886-1964)beberapa karyanya antara lain:
·         The Great Transformation({1944}1957),karya ini berisi tentang evolusi historis mentalitas pasar.
·         Trade And Market In The Early Empires({1957}1971),menjelaskan tentang hubungan antara masyarakat dan ekonomi dalam masyarakat primitive.
6.Talcott Persons(1902-1979) dan Neil J.Smelser.Beberapa karya Talcott persons adalah :
·         The Structure Of Social Action({1937}1986)karangannya ini berusaha untuk mensintesis beberapa pemikiran dari pareto,marshall,dan webber.
·         Menterjemahkan karangan Webber tentang The Protestant Ethict And The Spirit Of Capitalism dan Economy And Society kedalam bahasa inggris.



BAB III
PENUTUP
A.Kesimpulan
Sosiologi Ekonomi adalah perspektif sosiologis yang digunakan dalam menjelaskan fenomena ekonomi. Kajian sosiologi ekonomi berhubungan dengan dua hal,yaitu Fenomena ekonomi dan Pendekatan sosiologis.
Ada dua perspektif dalam sosiologi ketika melihat prilaku individu atau masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya:
1.Perspektif Utilitarian
2.Perspektif Keterlekatan
 Para tokoh yang berjasa dalam meletakkan fondasi sosiologi ekonomi adalah sebagai berikut:
1.Karl Marx(1818-1883)
            2.Max Webber(1864-1920)
3.Emile Durkheim(1858-1917)
4.Joseph Schumpeter(1883-1950)
5.karl Polanyi(1886-1964)
6.Talcott Persons(1902-1979) dan Neil J.Smelser.








DAFTAR KEPUSTAKAAN
Haryanto sindung,Sosiologi Ekonomi,Ar-Ruz Media,Yokjakarta:2011
Damsar,sosiologi ekonomi,Jakarta,PT Raja Grafindo,1997

Smelser,Sosiologi Ekonomi,Wira Sari,1987


[1] http://mudiartasosio.blogspot.com/2011/04/perspektif-sosiologi-ekonomi.html
[2] Damsar,sosiologi ekonomi,Jakarta,PT Raja Grafindo,1997.hal 7
[3] Smelser,Sosiologi Ekonomi,Wira Sari,1987.Hal 63
[4] Sindung Haryanto,Sosiologi Ekonomi,Ar-Ruz Media,Yokjakarta:2011 Hal 26
[5] Opcit.hal 13

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

Penyajian Data Statistik dalam Bentuk Tabel, Diagram Batang, Garis, Lingkaran, Tabel Distribusi Frekuensi, Relatif dan Kumulatif, Histogram, Poligon Frekuensi, dan Ogive

Dalam artikel kali ini, kita akan mempelajari penyajian Data statistik dalam bentuk tabel, diagram batang, garis, lingkaran, tabel distribu...