Saturday, November 8, 2014

Investasi pada Sekuritas

      1.       Pengertian Sekuritas

Sekuritas merupakan surat berharga yang menunjukkan hak investor untuk mendapatkan bagian dari kekayaan perusahaan yang menerbitkan sekuritas tersebut.
     2.       Proses Investasi
Proses investasi menjelaskan bagaimana seharusnya investor melakukan investasi dalam sekuritas. Adapun hal-hal yang harus diputuskan dalam investasi adalah sebagai berikut :
a.       Sekuritas apa yang menjadi pilihan investasi ?
b.      Berapa besar investasi ?
c.       Kapan investasi tersebut dilaksanakan ?
Untuk mengambil keputusan-keputusan tersebt diperlukan langkah-langkah sebagai berikut :
a.       Menentukan kebijakan investasi
Investor harus menentukan tujuan investasi dan berapa jumlah dana yang dipersiapkan untuk investasi tersebut.
b.      Analisis sekuritas
Tujuan analisis ini adalah mengetahui sekuritas karakteristik mispriced, yaitu sekuritas yang harganya bisa sangat tinggi atau sangat rendah. Dengan kata lain, sekuritas tersebut tidak stabil dalam hal pergerakan harga di bursa. Untuk mengetahui mispriced dapat digunakan analisis teknik dan analisis fundamental. Analisis teknik adalah analisis yang menggunakan data empiris berupa perubaahn harga pada masa lalu untuk mempredikisi harga sekuritas di masa yang akan datang. Analisis fundamental berguna untuk memprediksi harga di masa yang akan datang dengan cara memprediksi prospek perusahaan di masa yang akan datang.
c.       Penentuan portofolio
Portofolio adalah gabungan surat-surat berharga sebagai pilihan investasi. Prinsip portofolio menganut paham “don’t put all your eggs in one basket”. Jadi, dalam bermacam-macam sekuritas yang kita miliki, jka salah satunya mendapat keuntungan maka dapat menutup kerugian sekuritasa lainnya.
d.      Melakukan revisi portofolio
Pada tahap ini, dilakukan penilaian kembali terhadap tiga tahap sebelumnya. Jika berdasarkan penilaian kembali perlu dilakukan perubahan, maka pada tahap ini perubahan tersebut terjadi. Jangan lupa dengan semboyan “teliti sebelum membeli”.
e.      Penilaian hasil produksi
Pada tahap ini, investor melakukan evaluasi terhadap keuntungan yang diperoleh dan resiko yang harus ditanggung dari portofolio yang dimiliki.

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

Penyajian Data Statistik dalam Bentuk Tabel, Diagram Batang, Garis, Lingkaran, Tabel Distribusi Frekuensi, Relatif dan Kumulatif, Histogram, Poligon Frekuensi, dan Ogive

Dalam artikel kali ini, kita akan mempelajari penyajian Data statistik dalam bentuk tabel, diagram batang, garis, lingkaran, tabel distribu...