Monday, June 17, 2019

Pengertian Sumberdaya Alam, Sumber Daya Manusia, Sumberdaya Modal, Dan Sumber Daya Kewirausahaan


PENGERTIAN SUMBER DAYA ALAM  ,SUMBER DAYA  MANUSIA , SUMBERDAYA MODAL ,DAN SUMBER DAYA KEWIRAUSAHAAN   
A.  PENGERTIAN  SUMBER DAYA ALAM   
       Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang muncul secara alami yang dapat di gunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia, pada umumnya sumber daya alam adalah sumber daya yang di alam dan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia, keberadaan sumber daya alam juga terbatas, keterbatasannya dapat dilihat dari beberapa contoh sumber daya berikut ini :
 1. AIR
   Manusia memanfaatkan air terutama air bersih untuk minum, mandi, cuci pakaian, cuci piring, dan sebagainya.di kota –kota besar untuk mendapatkan air bersih sangat sulit, mereka harus membeli air bersih dari PAM (perusahaan air minum ). hal ini menunjukan bahwa ketersediaan air sangat terbatas.
 2. HUTAN
Hutan merupakan sumber daya alam yang sangat penting keberadaannya.Dahulu hutan di Indonesia menjadi paru-paru dunia. Selain itu hasil dari hutan seperti rotan, damar, dan kayu dapat dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhan. Hutan dapat juga dijadikan sebagai tempat resapan air sehingga dapat mencegah terjadinya banjir. Namun sekarang keberadaanya sudah sangat menghawatirkan. Hal itu di sebabkan oleh banyaknya orang yang menebangi pohon-pohon di hutan tanpa memerhatikan pelestariannya sehingga sekarang ini banyak hutan-hutan yang gundul. Hutan gundul juga dapat menyebabkan banjir.di samping itu, sumber daya hutan yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup semakin berkurang jumlahnya.
B. SUMBER DAYA MANUSIA
Sumber daya daya manusia juga terbatas keberadaannya. Maksudnya sumber daya manusia yang berkualitas dan mempunyai moral yang baik sedikit jumlahnya. Kualitas sumber daya manusia di indonesia jika dibandingkan dengan kualita sumber daya manusia di negara–negara maju masih banyak jauh tertinggal. Kemampuan untuk mengolah sumber daya yang ada masih rendah. Sehingga barang yang di hasilkannya pun masih rendah pula baik jumlah dan kualitasnya. H ini menunjukan bahwa sumber daya manusia yang berkualitas jumlahnya terbatas.


C. SUMBER DAYA MODAL
            Sumber daya modal dapat berupa mesin-mesin,bahan baku ataupun peralatan-peralatan lainnya. Keterbatasan sumber modal dibuktikan dengan alat–alat yang digunakan dalam produksi masih menggunakan mesin –mesin berteknologi rendah .hal ini dapat mempengaruhi kelangsungan dalam produksi barang.
D. SUMBER DAYA KEWIRAUSAHAAN
            Sumber daya kewirausahaan adalah sumber daya yang mampu mengombinasikan antara sumber daya alam, sumber daya manusia, dan sumber daya modal. orang yang memiliki jiwa kewirausahaan masih sedikit jumlahnya. Oleh karena itu sedikitnya orang yang mampu menyatukan sumber daya yang ada dapat mempengaruhi jumlah hasil produksi. Sehingga hal tersebut dapat mempengaruhi keberadaan alat pemuas kebutuhan di masyarakat.
            Dari keterbatasan–keterbatasan sumber daya di atas jika di gunakan untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terbatas dapat menyebabkan kelangkaan alat pemuas kebutuhan. terjadinya kelangkaan dapat disebabkan karena faktor–faktor berikut ini.
a. Pertumbuhan penduduk yang tidak seimbang dengan pertumbuhan produksi.
b. Ketersediaan sumber daya alam yang terbatas.
c. Terbatasnya kemampuan manusia.
d. Sifat serakah manusia.
e. Kurangnya tenaga–tenaga ahli.

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

Penyajian Data Statistik dalam Bentuk Tabel, Diagram Batang, Garis, Lingkaran, Tabel Distribusi Frekuensi, Relatif dan Kumulatif, Histogram, Poligon Frekuensi, dan Ogive

Dalam artikel kali ini, kita akan mempelajari penyajian Data statistik dalam bentuk tabel, diagram batang, garis, lingkaran, tabel distribu...