Saturday, June 15, 2019

Pengertian Metode Penelitian dan Ciri-ciri Penelitian Ilmiah


A.  Pengertian Metode Penelitian

Metode penelitian adalah cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Cara ilmiah berarti kegiatan yang dilakukan harus rasional, empiris dan sistematis. Rasional berarti penelitian yang dilakukan harus dengan cara yang masuk akal, sehingga dapat dijangkau atau dipahami oleh para pembaca. Empiris berarti cara yang dilakukan itu dapat diamati oleh indera manusia, sehingga orang lain dapat mengamati dan mengetahui cara yang digunakan. Sistematis berarti proses yang digunakan dalam penelitian menggunakan langkah-langkah tertentu yang bersifat logis.

Dapat djuga dijelaskan bahwasanya metode penelitian merupakan penelitian yang terstruktur dengan langkah-langkah yang jelas dan sistemastik.

B.  Ciri-ciri Penelitian Ilmiah

1.      Memiliki tujuan yang jelas
Suatu penelitian yang akan diteliti harus memiliki tujuan yang jelas untuk apa dilakukannya sebuah penelitian. Misalnya peneliti ingin mengetahui apa yang menyebabkan kinerja karyawan sebuah perusahaan mengalami penurunan. Dan untuk mengetahui itu maka dilakukan penelitian, apa-apa saja faktor yang menyebabkannya.

2.      Ketepatan
Suatu penelitia itu harus memiliki ketepatan, artinya dalam mengangkat sebuah permasalahan harus cermat dan teliti. Ketepatan dalam sebuah penelitian harus dibutuhkan teori serta metodologi yang harus dipikirkan secara hati-hati. Seperti dalam melakukan pemilihan sampel yang tepat sehingga tidak terjadi bias atau salah sasaran dari yang diharapkan.

3.      Dapat diuji
Suatu penelitian dikatakan baik apabila dapat dilakukan pengujian baik itu secara statistik atau secara inferensial dengan hipotesis. Contoh alat yang dapat digunakan dalam pengujian misalnya uji korelasi yaitu untuk mencari suatu hubungan dalam penelitian. Hipotesis dapat digunakan untuk melihat apakah data yang diperoleh mendukung hipotesis yang dibuat setelah dilakukannya studi yang mendalam terhadap suatu masalah.

4.      Objektivitas
Dikatakan objektivitas yaitu kesimpulan yang akan ditarik dari hasil analisis data harus akurat, yaitu berdasarkan fakta dari temuan yang berasal dari data yang terpercaya bukan berdasarkan pendapat emosional peneliti.

5.      Dapat digeneralisasi
Semakin luas cakupan penerapan solusi yang dihasilkan penelitian, maka semakin bermafaat sebuah penelitian bagi masyarakat luas. Semakin penelitian dapat digeneralisasi, maka semakin tinggi kadar keilmiahannya.

Diambil dari:
Albert Kurniawan. 2014. Metode Riset untuk Ekonomi & Bisnis. Penerbit : Alfabeta. Bandung
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis. Penerbit : Alfabeta. Bandung

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

Penyajian Data Statistik dalam Bentuk Tabel, Diagram Batang, Garis, Lingkaran, Tabel Distribusi Frekuensi, Relatif dan Kumulatif, Histogram, Poligon Frekuensi, dan Ogive

Dalam artikel kali ini, kita akan mempelajari penyajian Data statistik dalam bentuk tabel, diagram batang, garis, lingkaran, tabel distribu...