Saturday, November 8, 2014

Etika dan Tanggung Jawab Sosial

Makalah Etika dan Tanggung Jawab Sosial (Pengantar Bisnis)



Kata Pengantar

Teori pengantar bisnis menyajikan,beberapa teknik dasar Etika dan tanggung jawab dalam berbisnis dari ilmu ekonomi. Teori ini merupakan matakuliah yang penting dalam kurikulum ekonomi maupun bisnis dan dalam prakteknya merupakan suatu dasar-dasar dalam memulai suatu bisnis. Tujuan makalah ini adalah untuk membantu kita dalam mempelajari dunia bisnis tidak hanya dari segi apa itu bisnis,tapi juga dari segi ber-etika dan bertanggung jawab dalam dunia bisnis sebagai salah satu penunjang ekonomi sosial.


Palu, September 2013

DAFTAR ISIKata pengantar                      ……………………………………………. (i)Daftar isi                                 …………………………………………….(ii)Bab 1 : Pendahuluan-         1. 1. Latar Belakang-         1. 2. Perumusan Masalah-         1. 3. Tujuan pembahasanBab 2 : PembahasanBab 3 : Penutup (Kesimpulan)

Bab 1Pendahuluan1.1.        Latar belakangDalam menjalankan sebuah perusahaan / industri kita pasti akan terus mendapati hal hal yang berkaitan dengan tanggung jawab sosial yang harus dilaksanakan oleh sebuah  perusahaan / industri agar dapat terus berjalan secara berkelangsungan dan selaras dengan tanggung jawab sosial yang kemungkinan harus dipenuhi ditengah keberlangsungan perusahaan / industri tersebut, terkadang sebuah perusahaan/indutri  yang baru berdiri mengharuskan mereka mengubah – ubah beberapa hal dalam perusahaan / indutri mereka yang berhubungan dengan tanggung jawab sosial, kemungkinan dikarenakan faktor – faktor yang tidak terpikir sebelumnya oleh para pemimpin dalam perusahaan / industri tersebut.

1.2.        Rumusan MasalahDalam pembuatan makalah ini didasarkan pada apa masalahnya, mengapa masalah ini, dan bagaimana menangani masalah ini?, pertanyaan yang cukup logis untuk mengetahui jalan cerita sebuah permasalah yang pastinya akan dibahas sampai tuntas pada makalah ini. Adapun masalah yang menjadi topik pada makalah saya ini adalah hal yang berkaitan dengan topik tugas saya yaitu “Etika dan tanggung jawab sosial”berdasarkan pertanyaan  diatas dapat kita ringkas / padatkan / fokuskan maslah yang akan kita bahas dalam makalah ini, dan rumusan masalah – masalah tersebut antara lain sebagai berikut :1.     Bagaimana tanggung jawab perusahaan terhadap pelanggannya ?2.     Bagaimana tanggung jawab perusahaan terhadap karyawannya3.     Bagaimana tanggung jawab perusahaan terhadap para pemegang sahamnya ?4.     Bagaimana tanggung jawab perusahaan terhadap Kreditornya ?5.     Bagaimana tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungannya ?6.     Bagaimana tanggung jawab perusahaan terhadap komunitasnya ?

1.3 Tujuan pembahasanAdapun tujuan penulisan dari bahasan mengenai “Etika dan tanggung jawab sosial “ pada makalah ini tidak lain adalah untuk membuat penunjang bagi semua orang dalam pengaplikasiannya dalam dunia bisnis utamanya pada permasalah etika dan pemenuhan tanggung jawab sosial kepada orang – orang dan aspek – aspek yang memiliki hubungan dalam hal ini dan tidak lain  adalah :-         Pelanggan-         Karyawan-         Pemegang saham-         Kreditor-         Lingkungan perusahaan-         Komunitas

Bab 2 :                       PembahasanETIKA DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL         Karyawan suatu perusahaan sebaiknya mempraktikkan etika bisnis, yang melibatkan sekelompok prinsip berikut ini ketika menjalnkan bisnis. Setiap perusahaan memiliki tanggung jawab sosial, yang merupakan kesadaran perusahaan mengenai bagaimana keputusan bisnisnya dapat memengaruhi masyarakat. Istilah tanggung jawab sosial kadang kala digunakan untuk menjelaskan tanggung jawab perusahaan terhadap komunitas dan lingkungannya. Tetapi, istilah tersebut juga dapat digunakan secara lebih luas untuk memasukkan tanggung jawab perusahaan terhadap pelanggan, karyawan, pemegang saham, dan kreditornya. Meskipun keputusan bisnis yang dibuat oleh perusahaan dimaksudkan untuk meningkatkan nilainya, tetapi keputusan tersebut tidak boleh melanggar etika dan tanggung jawab sosialnya.Text Box: Etika bisnis dan tanggung jawab sosial Text Box: Nilai perusahaanText Box: Laba perusahaanText Box: Keputusan bisnis                                                                                                                                                    
1)Tanggung jawab terhadap pelanggan           Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (selanjutnya dalam artikel akan disingkat CSR) adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya) perusahaan adalah memiliki berbagai bentuk tanggung jawab terhadap seluruh pemangku kepentingannya, yang di antaranya adalah konsumen,karyawanpemegang sahamkomunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan yang mencakup aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. Oleh karena itu, CSR berhubungan erat dengan "pembangunan berkelanjutan", di mana suatu organisasi, terutama perusahaan, dalam melaksanakan aktivitasnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan dampaknya dalam aspek ekonomi, misalnya tingkat keuntungan atau deviden, melainkan juga harus menimbang dampak sosial dan lingkungan yang timbul dari keputusannya itu, baik untuk jangka pendek maupun untuk jangka yang lebih panjang. Dengan pengertian tersebut, CSR dapat dikatakan sebagai kontribusi perusahaan terhadap tujuan pembangunan berkelanjutan dengan cara manajemen dampak (minimisasi dampak negatif dan maksimisasi dampak positif) terhadap seluruh pemangku kepentingannya.Tanggung jawab terhadap pelanggan jauh melampaui provisi dari produk atau jasa. Perusahaan memiliki tanggung jawab sosial (social responsibility) ketika menghasilkan prosuk dan menjual produknya.Bagaimana perusahaan memastikan tanggung jawabnya terhadap pelanggan1.      Menetapkan kode tanggung jawab. Perusahaan dapat menetapkan kode tanggung jawab bisnis (business responsibility) yang menetapkan pedoman mengenai kualitas produk, serta pedoman mengenai bagaimana karyawan, pelanggan, dan pemilik sebaiknya diperlakukan.2.     Memantau keluhan, perusahan sebaiknya memastikan bahwa pelanggan memiliki nomor telepon yang dapat mereka hubungi jika mereka memiliki keluhan mengenai kualitas produk atau mengenai bagaimana perlakuan yang mereka terima dari karyawan perusahaan. Perusahaan dapat mencoba untuk menentukan sumber keluhan dan memastikan bahwa masalah tersebut tidak terulang.3.     Memperoleh dan menggunakan umpan balik pelanggan. Perusahaan dapat meminta pelanggan untuk memberikan umpan balik atas produk atau jasa yang baru saja mereka beli, bahkan jika pelanggan tersebut tidak menelepon untuk mengajukkan keluhan. Proses ini dapat mendeteksi beberapa masalah lain dengan kualitas produk atau dengan cara pelanggan diperlakukan.      Tanggung Jawab Sosial kepada PelangganTanggung Jawab kepada Pelanggan jauh lebih luas dari pada hanya menyediakan barang atau jasa. Perusahaan mempunyai tanggung jawab ketika memproduksi dan menjual produk. Dalam praktek tanggung jawab yang meliputi :a)    Tanggung Jawab Produksi :Produk harus diproduksi dengan keyakinan menjaga keselamatan pelanggan. Label peringatan harus ada guna mencegah kecelakaan karena salah dalam penggunaan dan adanya efek samping.b)   Tanggung Jawab Penjualan  :  Perusahaan  tidak melakukan strategi penjualan yang terlalu agresive atau iklan yang menyesatkan. Perlu survey kepuasan pelanggan, dimana yang bersangkutan diperlakukan sebagaimana mestinya.MenjaminTanggungJawab Sosial Kepada PelangganDapat dilakukan dengan tahap menciptakan kode etik yang berisi serangkaian petunjuk untuk kualitas produk, sekaligus sebagai petunjuk bagaimana karyawan, pelanggan dan pemilik seharusnya dipelihara. Dapat juga dilakukan dengan memantau semua keluhan dari pelanggan,mencari sumber keluhan dan pastikan bahwa masalah tersebut tidak akan terulang lagi,juga meminta pelanggan untuk memberi umpan balik atas barang/jasa yang mereka beli walaupun selama ini tidak ada keluhan dengan mengirim kuesioner.Tanggung jawab kepada pelanggan didorong  juga oleh sekelompok konsumen tertentu. Konsumerisme mewakili permintaaan kolektif pelanggan  dimana bisnis memenuhi kebutuhan mereka. 2)        Tanggung Jawab Sosial kepada Karyawan·      Rasa Aman para Karyawan·      Perlakuan layak oleh karyawan lain·      Perlindungan terhadap pelecehan seksual.·      Kesempatan yang sama/Hak sipilCara Perusahaan  MeyakinkanTanggungjawab Kepada KaryawanUntuk meyakinkan bahwa karyawan menerima perlakuan yang layak,  beberapa perusahaan  menciptakan prosedur keluhan untuk karyawan yang merasa bahwa mereka tidak diberi kesempatan yang sama. Keluhan ditangani oleh seseorang atau departemen/bagian/seksi yang ditunjuk perusahaan.3)        Tanggung Jawab Sosial kepada Pemegang SahamPerusahaan bertanggung jawab untuk memuaskan pemilik (pemegang saham). Cara perusahaan meyakinkan tangung jawab social kepada pemilik saham antara lain dengan cara:·      Manajer perusahaan memonitor keputusan perusahaan untuk meyakinkan bahwa mereka membuatnya untuk kepentingan pemilik.·      Gaji karyawan dikaitkan dengan kinerja perusahaan, dalam hal ini karyawan tinggal memfocuskan pada memaksimalkan nilai perusahaan.·      Pemegang saham aktif dalam mempengaruhi kebijakan manajemen perusahaan, terlebih ketika  mereka tidak puas dengan gaji para eksekutif perusahaan atau kebijakan lain. Pemegang saham yang sangat aktif umumnya investor institusi yang memiliki sejumlah besar saham. Mereka akan meminta pertangungjawaban eksekutif perusahaan atas ketidak puasannya.4)        Tanggung Jawab Sosial kepada KreditorJika perusahaan mengalami masalah keuangan dan tidak dapat memenuhi kewajibannnya, harus memberi tahu para kreditor. Biasanya kreditor bersedia memperpanjang jatuh tempo pembayaran serta  memberi advis dalam mengatasi masalah keuangan.5)        Tanggung Jawab Sosial kepada Lingkungan·      Pencegahan polusi udara,dengan cara peninjauan kembali proses produksi. Contohnya membatasi jumlah Co2 yang disebabkan oleh proses produksi dengan mendesain peralatan produksi dan produknya, mendaur ulang plastik dan membatasi pemakaian material yang akan menjadi sampah yang solid.·      Pencegahan polusi daratan,dengan cara peninjauan kembali proses produksi dan pengemasan,serta menyimpan dan mengirim barang sisa beracun ke lokasi pembuangan.6)        Tanggung Jawab Sosial kepada Komunitaso  Sponsori acara masyarakat lokal di sekitar perusahaan.o  Memberikan sumbangan kepada masyarakat tidak mampu.·        Menyumbangkan dana untuk tujuan pendidikan.Biaya-biaya Atas Tanggung Jawab SosialBiaya keluhan          Ketika menilai beban yang terlibat dalam menangani keluhan pelanggan atas karyawan, perusahaan biasanya mempertimbangkan biaya untuk merekrut orang-orang guna menyelesaikan keluhan tersebut. Tetapi, perusahaan juga harus mempertimbangkan biaya perkara di pengadilan terhadap tuntutan dari pelanggan dan karyawan. Sejumlah beban dapat dikaitkan dengan tuntutan hukum. Pertama, pengadilan dapat mendenda perusahaan yang dianggap bersalah. Kedua, beberapa tuntutan hukum diselesaikan diluar pengadilan, tetapi penyelesaian tersebut mengharuskan perusahaan membayar sejumlah uang kepada pelanggan atau karyawan. Ketiga, perusahaan dapat mengeluarkan beban yang substansial ketika menyewa pengacara. Keempat, biaya tidak langsung dari tuntutan hukum adalah penurunan dalam permintaan akan produk perusahaan karena publisitas buruk yang terkait dengan tuntutan hukum tersebut. Hal ini membuat pendapatan perusahaan menurun.Kemungkinan biaya yang timbul sebagai akibat tanggung  jawab sosial kepada  :·  Pelanggan, adalah : Menciptakan program menerima dan memecahkan keluhan, Melakukan survey untuk mengetahui kepuasan pelanggan,Gugatan hukum oleh pelanggan.    · Karyawan, adalah Menciptakan program menerima dan memecahkan keluhan, Melakukan survey untuk mengetahui kepuasan karyawan,  Gugatan hukum oleh karyawan karena diskriminasi atau tuduhan tanpa bukti.· Pemegang Saham,  adalah : Mengumumkan Informasi Keuangan secara periodik, Gugatan hukum atas tuduhan bahwa manajer perusahaan tidak memenuhi tanggung jawabnya kepada para pemegang saham.· Lingkungan, adalah: Memenuhi regulasi pemerintah akan lingkungan, Memenuhi janji akan petunjuk lingkungan yang dibuat perusahaan.·  Komunitas, adalah: Sponsor aktivitas yang akan diberikan oleh masyarakat.

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

Penyajian Data Statistik dalam Bentuk Tabel, Diagram Batang, Garis, Lingkaran, Tabel Distribusi Frekuensi, Relatif dan Kumulatif, Histogram, Poligon Frekuensi, dan Ogive

Dalam artikel kali ini, kita akan mempelajari penyajian Data statistik dalam bentuk tabel, diagram batang, garis, lingkaran, tabel distribu...