Prinsip
merupakan sesuatu yang di buat sebagai pegangan untuk mencapai tujuan
yang telah ditetapkan.Diantara prinsip-prinsip administrasi pendidikan
antara lain :
- Adanya sumber daya manusia (SDM) atau sekelompokmanusia (sedikitnya dua orang) untuk ditata
- Adanya tiugas/fungsi yang harus dilaksanakn maksudnya ada sebuah kerjasama dari sekelompok orang
- Adanya penataan/pengaturan dari kerjasama tersebut
- Adanya non manusia seperti peralatan dan perlengkapan yang diperlukan dan yang harus ditata
- Adanya tujuan yang hendak di capai bersama dari kerjasama tersebut.(Purwanto:2007)
Ada sebuah prinsip-prinsip administrasi yang menyinggung organisasi, diantara prinsip-prinsip tersebut adalah :
- Memiliki tujuan yang jelas
- Tiap anggota dapat memahami dan menerima tujuan tersebut
- Adanya kesatuan arah sehingga dapat menimbulkan kesatuan tindakan dan pikiran
- Adanya kesatuan perintah (Unity of command); para bawahan hanya mempunyai seorang atasan langsung dari padanya menerima perintah atau bimbingan dan kepada siapa ia harus mempertanggung jawabkan hasil pekerjaannya.
- Koordinasi tentang wewenang dan tanggung jawab, maksudnya ada keseimbangan antara wewenang dan tanggung jawab masing-masing anggota
- Adanya pembagian tugas atau pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan, keahlian dan bakat masing-masing, sehingga dapat menimbulkan kerjasama yang harfmonis dan kooperatif.(Tsauri:22:2007)
No comments:
Post a Comment
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda