Sunday, February 16, 2014

Definisi dan Ruang Lingkup Ekonomi Manajerial

Pada artikel ini akan di bahas secara mendalam tentang Ruang Lingkup Ekonomi Manajerial. Sebelum kita membahas secara mendalam maka kita perlu mengetahui tujuan kita mempelajari pembahasan topik ini yaitu:


  1. menjelaskan ruang lingkup ekonomi manajerial sebagal dasar bagi manajemen dalam pengambilan keputusan.
  2. menerangkan definisi dan ruang lingkup ekonomi manajerial agar dapat menetapkan sifat dan arah disiplin ilmu ini.


Definisi dan Ruang Lingkup Ekonomi Manajerial

Ekonomi manajerial berhubungan dengan penerapan prinsip dan metodologi ekonomi, di dalam proses pengambilan keputusan pada suatu perusahaan atau unit organisasi. Untuk itu diperlukan penetapan pedoman dan prinsip agar dapat memudahkan pencapaian tujuan ekonomi bagi manajemen. Tujuan tujuan ekonomi tersebut berhubungan dengan biaya, pendapatan, dan laba yang sangat penting di dalam suatu perusahaan atau lembaga lainnya.

Laba merupakan pusat perhatian di dalam ekonomi manajerial, karena laba pada perusahan yang bermotif mencari keuntungan adalah selisih antara pendapatan dan biaya. Apabila selisih positif berarti laba dan apabila negatif berarti rugi. Pada lembaga atau perusahaan non profit motif (bersifat sosial), yang menunjukkan bahwa selisih positif antara pendapatan dan biaya disebut surplus dan selisih negatif disebut defisit. Ruang lingkup ekonomi manajerial mencakup pengetahuan mengenai akuntansi, pemasaran, pembiayaan, statistik, dan metode kuantitatif. Keputusan yang diambil menjadi lebih baik kalau banyak mengetahui ilmu ekonomi.

Kepastian dan ketidakpastian Dalam ilmu ekonomi mikro, para ekonom menggunakan model tentang perilaku konsumen dan produsen agar dapat mengetahui informasi yang lengkap tentang bentuk dan lokasi kurva permintaan, kurva biaya dan lainnya agar mendapatkan suatu kepastian.

Namun, kadangkala perusahaan beroperasi berdasarkan informasi yang tidak lengkap untuk menaksir atau memperkirakan jumlah yang diminta pada seriap harga dan biaya. Hal ini merupakan suatu ketidakpastian.

Ekonomi Positif dan Ekonomi Normatif

Ilmu ekonomi dibagi dua yaitu, bidang positif dan bidang normatif. Ekonomi positif merupakan deskriptif yaitu menjelaskan bagaimana sistem ekonomi beroperasi dalam suatu perekonornian atau masyarakat, sedangkan ekonomi normatif bersifat preskriptif yaitu, memberikan pengarahan bagaimana sistem perekonomian seharusnya beroperasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Penggunaan model dalam ekonomi manajerial

Model merupakan representasi yang disederhanakan daii kenyataan. Simbol-simbol model dapat menggunakan verbal dan simbol lainnya untuk mewakili realita yang dapat berupa kata-kata, diagram-diagram, dan rumus maternatis. Ada tiga tujuan utama model yaltu:


  1. tujuan pengajaran; digunakan untuk mengajar orang tentang kegiatan dan suatu sistem.
  2. tujuan penjelasan; digunakan untuk mencari hubungan-hubungan antar variabel.
  3. tujuan peramalan; nilai peramalan berdasarkan kemampuan model dan suatau sistem dan menggunakan hubungan masa lalu untuic meramalkan tin gkah laku di masa mendatang.


Mengevaluasi Suatu Model

Suatu model dievaluasi dengan sudut pandang yang disesuaikan dengan tujuan. Misalnya model untuk tujuan pengajaran maka harus dievaluasikan dengan dasar pengajaran.

Anailsa Present Value dan Time Horizon Suatu Perusahaan

Di dalam memilih beberapa alternatif, kita harus dapat membedakan revenue yang diterima sekarang (dalam waktu dekat) dan yang akan diterima dimasa mendatang. karena satu rupiah diterima sekarang akan berbeda dengan satu rupiah tahun depan.

Nilai Sekarang dan Niai Mendatang

Nilai mendatang dalam satu tahun dan uang sejumlah Rp. l.000,00 adalah sebanding dengan Rp. l.000,00 ditambah dengan tingkat bunga tahunan. Dapat dirumuskan sebagai berikut:

FV=PV(1 +r)

yang mcnunjukkan bahwa:
- FV = nilai mendatang
- r = tingkat bunga
- PV = mlai sekarang

Untuk tahun-tahun mendatang secara umum dirumus ssebagai berikut:

FV=PV(1 +r)a

yang menunjukkan bahwa:
n = jumlah tahun di masa mendatang

The Opportunity Discount Rate

Pengertiannya adalah tingkat bunga atau pengembahan yang alcan diperoleh oleh pengambil keputusan berdasarkan alternatif penggunaan dana pada tingkat resiko yang sama. Misalnya: perusahaan alcan menginvestasikan dana sebesar Rp. lO.000,00 untuk perluasan pabrik atau pembelian obligasi dengan tngkat resiko yang sama dan tingkat bunga 12% setahun.

Analisa Net Present Value (NPV) Atau Nilai Sekarang Netto

Apabila keputusan mengenai penerimaan dan biaya di masa mendatang maka kita harus mengurangi penerimaan dengan biaya setiap tahun, untuk mendapatkan net present value. Laba merupakan kelebihan penerimaan atau biaya, dan rugi adalah biaya lebih besar dari penerimaan. untuk mencari net present value dapat menggunakan formulasi sebagai berikut:



yang menunjukkan bahwa:
- Co = biaya awal suatu proyek
- Z = melambangkanjumlah discount future dan i=1 (tahun pertama)
sampai dengan i=n (tahun terakhir).

Annuities
Suatu penyederhanaan dapat diterapkan jika aliran kas (cash flow) teratur dan seragam atau sama untuk beberapa periode. Suatu aliran kas yang seragam untuk beberapa periode disebut annuity. Nilai sekarang dan annuity dapat diformulasikan sebagai berikut:



Periode Perencanaan dan Time Horison Perusahaan

Periode perencanaan perusahaan adalah suatu periode waktu yang menunjukkan bahwa perusahaan memperhitungkan impli]casi biaya dan penerimaan dan keputusan yang diambil.

Time horison adalah titik atan batas di masa datang pada saat perusahaan tidak lagi memperhitungkan implikasi biaya dan penerimaan. Kepastian suatu keputusan yang diambil adalab untuk hasil yang laya Risiko dan ketidakpastian ialah apabila keputusan yang diambil untuk hasil yang layak terjadi tetapi kepastian hasil tidak diketahui lebih dahulu.

Tujuan Perusahaan

Tujuan perusahaan adalah untuk memaksimumkan keuntungan dalam jangka panjang dengan mempertimbangkan resiko dan ketidakpastian. Berbagai kondisi yang dihadapi perusahaan dan bagaimana penisahaan memaksimumkan keuntungan dijelaskan berikut ini:

a. periode masa sekarang dengan kepastian
Untuk perusahaan yang beroperasi dalam lingkup yang pasti dan time horison pada time horison periode sekarang, maka memaksimuman laba dalam jangka panjang dengan kriteria yang terbaik merupakan keputusan yang tepat untuk memaksimumkan kekayaan bersih.

b. periode masa mendatang dengan kepastian
Untuk perusahaan yang beroperasi dalam lingkup yang pasti dan time horison pada periode mendatang, maka memaksimumkan nilai sekarang merupakan keputusan yang tepat untuk memaksimumkan kekayaan bersih.

c. periode masa mendatang dengan ketidakpastian
Dalam kondisi ini perusahaan hams memaksimuinkan nilai keuntungan sekararig untuk memaksimumkan kekayaan bersih.

Itulah materi tentang Ruang Lingkup Ekonomi Manajerial, berikut akan kami berikan cintoh kasus serta jawabannya.

CONTOH KASUS.
1. Masalah yang dihadapi oleh ekonom adalab bahwa mereka menganggap setiap orang akan bertindak rasional. Jika anggapan tersebut tidak terpenuhi, maka teori ekonomi menjadi tidak valid. Berikan komentar anda.

Jawab:
Hal penting disini adalah bahwa suatu teori tidak dapat ditentukan oleh kenyataan dan asumsinya., tetapi hanya dapar ditentukan oleh daya prediksinya. Ekonom mengasumsikan bahwa setiap orang akan bertindak rasional untuk menyederhanakan model-modelnya. Sepanjang teori-teori berdasarkan asumsi bahwa setiap orang bertindak rasional dapat memprediksi lebih baik dari pada teri-reori lain, ekonom akan tenis menggunakannya.

2. Perbedaan utama antara teori normatif dan teori positif adalah bahwa teori normatif memasukkan pertimbangan Nilai sedangkan teori positif tidak.
Berikan komentar anda.

Jawab:
Tidak ada suatu teori yang “bebas nilai”. Sebagai contoh, pernyataan “Dilarang merokok” adalab suatu pernyataan normatif. Pernyataan “Merokok mengganggu kesehatan” merupakan peryataan positif. Kedua pemyataan tersebut memasukkan pertimbangan nilai.

3. Pelestarian Energi hanis merupakan prioritas utama pemerintah. Bagaimana komentar saudara atas pemyataan tersebut?

Jawab:
Banyak orang yang beranggapan demikian, karena mereka tidak menyadari adanya " Tangan Gaib ” yang melestarikan energi tanpa bantuan pemerintah. Seperti barang-barang lainnya, kelangkaan energi menaikkan harganya. Harga secara simultan akan mendorong produksi energi dan mengurangi tingkat konsumsi. Harga merupakan alat pelestarian energi secara otomatis.

4. Di dalam diagram aliran melingkar sederhana dan ekonomi tertutup tanpa tabungan dan sektor pemerintah, apakah pendapatan sektor rumah tangga sama dengan penerimaan sektor perusahaan? Berikan komentar.

Jawab:
Benar.
Dalam kasus yang sederhana, pengeluaran-pengeluaran sektor perusahaan sama dengan penerimaan sektor rumah tangga, karena individu-individu membelanjakan semua pendapatannya untuk konsumsi yang sama dengan penenimaan sektor perusahaan.

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

Penyajian Data Statistik dalam Bentuk Tabel, Diagram Batang, Garis, Lingkaran, Tabel Distribusi Frekuensi, Relatif dan Kumulatif, Histogram, Poligon Frekuensi, dan Ogive

Dalam artikel kali ini, kita akan mempelajari penyajian Data statistik dalam bentuk tabel, diagram batang, garis, lingkaran, tabel distribu...